7 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Selama Puasa Agar Sehat

Selasa, 06 Juni 2017 - 09:20 WIB
7 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Selama Puasa Agar Sehat
7 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Selama Puasa Agar Sehat
A A A
JAKARTA - Berpuasa selama 14 jam membuat tubuh membutuhkan energi yang cukup. Hal ini pun bisa didapat dengan cara kecukupan nutrisi dan memperhatikan setiap asupan yang dikonsumsi. Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan asupan mereka selama Ramadan.

Biasanya mereka akan lebih fokus pada momen kebersamaan dengan keluarga atau teman juga berbagi makanan. "Bulan ini juga, wanita kerap memamerkan kemampuan memasak dan cenderung makan lebih banyak," papar ahli gizi senior di Healthtrendz, inisiatif pengiriman makanan sehat Dubai World Trade Centre, Lovely Ranganath.

Lantas makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi? Berikut ulasannya seperti dilansir dari GulfNews.

1. Buah-buahan
Buah-buahan bisa mengisi elektrolit yang hilang selama puasa. Karbohidrat kompleks dan penuh serat akan meningkatkan kadar glukosa secara bertahap dan membantu pencernaan.

2. Kurma
Kandungan vitamin A, B6, kalium, natrium alami, besi dan magnesium pada kurma baik untuk kesehatan. Gula alami di dalamnya juga dapat memberi energi yang lebih saat melakukan salat malam.

3. Kacang mentah
Kacang mentah mengandung lemak baik. Kandungan ini baik untuk kesehatan serta tidak membuat tubuh menjadi gemuk.

4. Daging, ayam, dan ikan
Kandungan protein pada makanan tersebut bisa membantu merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Makanan ini juga bisa memulihkan kekuatan otot.

5. Roti
Roti memiliki kandungan gula yang bisa mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Namun, sebaiknya roti menjadi makanan bagi para pengikut diet.

6. Sayuran segar
Kandungan rendah kalori, tinggi serat, dan nutrisi lebih pada sayuran segar bisa membantu pencernaan dan tidur.

7. Air
1-2 liter air putih yang dicampurkan dengan 1 liter lemon akan memberikan dampak positif bagi hati. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti soda, kopi dan teh.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6325 seconds (0.1#10.140)